Faktor Penyebab Cepat Tua


Tua dan mati adalah keniscayaan dalam kehidupan.  Tidak ada makhluk yang tetap akan muda selamanya.  Begitu juga tidak tidak aka nada makhluk di dunia ini yang akan selamanya tetap hidup.  Semua makhluk pasti akan merasakan masa tua dan masa akhir hidupnya.  Karena sifat dunia yang fana.

Oleh karena itu menjadi tua adalah kepastian akan tetapi untuk menjadi bijaksana di usia tua adalah pilihan.  Meskipun masa tua akan menghampiri kita nantinya itulah bukan hal yang perlu dirisaukan.  Masa tua merupakan bagian dari hidup , buah dari apa yang telah kita lakukan ketika di masa muda.  Makanya masa muda adalah masa emas yang tidak boleh kita lalui begitu saja.  Masa tersebut harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Namun pada saat ini sering kita temui seorang pemuda akan tetapi usia sudah kelihatan tua.  Kelihatan seperti ada beban hidup yang menghimpit.  Apa jadinya ketika seorang pemuda yang seharusnya kelihatan gagah akan tetapi sudah tampak kerutan tua di mukanya.  Agar hal ini tidak terjadi maka ada baiknya kita menghindari hal-hal yang menyebabkan tua cepat menghampiri.  Karena dengan mengetahui penyebab kelihatan tua maka akan dengan bijak kita pun bisa memilih-milih agar bisa terhindar dari penyebab penuaan.

Ada beberapa gaya hidup yang dapat menyebabkan penuaan muncul

Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab penuaan dini.  Karena merokok dapat memicu enzim pemecah keelastisan kulit.  Akibatnya kerutan-kerutan penuaan akan terlihat.  Hal yang lain merokok juga mempunyai efek negatif yang lain yaitu memicu kanker dan penyakit paru-paru

Kurang tidur

Begadang malam sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.  Tidur yang berkualitas diperlukan oleh tubuh agar tubuh tetap bugar. Tidur agar optimal adalah sekitar tujuh sampai delapan jam. Pada saat tidur tersebut, tubuh akan bekerja untuk perbaikan perbaikan organ tubuh.

Menghindari buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh, selain kaya serat buah dan sayuran alami dapat memperlambat proses penuaan.  Vitamin-vitamin alami hanya bisa didapatkan dari buah-buahan segar dan alami tanpa proses kimiawi.  Agar kebugaran tubuh tetap terjaga maka makanan kita harus dikombinasikan dengan buah dan sayuran

Stress dan jarang berolah raga

Beban pikiran yang terlalu berat akan dapat menyebabkan penuaan.  Sebaiknya beban pikiran yang berlebih harus dihindari sedini mungkin.  Kita bisa meninggalkan sejenak aktivitas yang banyak menyerap energy pikiran.  Relaksisasi adalah cara yang tepat untuk menghindari stress berat.  Kita bisa melakukan aktivitas olahraga untuk mengendurkan urat-urat pikiran yang menegang.

Minum alkohol

Alkohol adalah minuman yang diharamkan oleh agama.  Oleh karena itu minuman beralkohol harus dihindari karena alkohol tidak memberikan manfaat untuk tubuh.

Jarang shalat Tahajud atau Shalat malam

Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Begitu pula bangun malam untuk shalat tahajud.  Karena bangun malam untuk shalat tahajud memendam rahasia yang besar.  Ketika kita sering sujud di waktu malam menjelang pagi maka akan dapat memperlancar peredaran darah ke kepala.  Sehingga nutrisi untuk kepala dan muka akan terproses dengan baik.

Gaya hdup di masa muda akan sangat berpengaruh dikala kita memasuk usia  tua.  Oleh karena itu dengan mengisi dengan kegiatan yang positif akan dapat membangkitkan energi positif dalam diri kita.  Dan jangan lupa untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Swt agar badan tetap awet muda dan segar.
Semoga bermanfaat


Share With :

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template