Makruh dan Mubah Dalam Shalat


Shalat adalah salah satu ibadah yang agung dalam shalat, karena shalat adalah salah satu komunikasi langsung dengan Allah Swt.  Ada rasa yang tidak ternilai ketika sedang berkomunikasi dengan Allah Swt. Tanpa perantara sehingga ada komunikasi bathin dengan sang Khalik yang berbuah dengan rasa tenang dan damai dalam hati.

Setelah kita memahami tentang Rukun dan Sunnah dalam shalat ada baiknya kita juga mengevaluasi kembali tentang hal-hal yang makruh dan mubah dalam shalat.  Hal ini juga perlu diperhatikan agar optimalisasi dalam ibadah ini dapat tercapai.  Ketika optimalisasi ibadah shalat dilakukan berharap mudah-mudahan Allah Swt senantiasa meridhoi terhadap semua amal perbuatan kita.

Dalam pengertian yang secara sedehananya Makruh yaitu ketika dilakukan maka tidak berdosa namun apabila ditinggalkan akan mendapat pahala.  Jadi secara gampangnya bila ingin mendapatkan pahala tambahan maka hal-hal yang makruh dalam shalat baiknya ditinggalkan.

Sedangkan mubah dalam pengertian yang mudahnya adalah bila dilakukan tidak berdosa bila ditinggalkan juga tidak apa-apa.  Jadi gampangnya boleh dilakukan juga boleh tidak dilakukan ketika sedang sholat.  Meskipun tergolong mubah namun apabila sering dilakukan maka akan sia-sia.

Sebaiknya mubah dan makruh dalam shalat juga perlu diperhatikan kembali.  Hal ini dilakukan agar hal-hal yang pernah kita lakukan dalam shalat apakah termasuk makruh atau mubah, sehingga secara bijak kita bisa meninggalkan atau melakukan agar kualitas shalat tetap berada dalam kondisi yang terbaik.

Hal yang makruh dalam shalat
  1. Berpaling ke kanan dan ke kiri untuk keperluan yang tidak perlu
  2. Menengadah ke langit
  3. Menggerakkan anggota-anggota badan
  4. Menguap, ketika menguap ada baiknya ditutup dengan tangan
  5. Membunyikan ruas jari
  6. Menahan buang air besar dan atau menahan kencing
  7. Menahan keinginan makan keika makanan sudah dihidangkan
  8. Memejamkan mata
  9. Melakukan shalat ketika mengantuk

Hal yang mubah dalam shalat
  1. Membetulkan bacaan imam
  2. Bertasbih atau bertepuk tangan(bagi perempuan) ketika imam salah
  3. Membunuh ular atau kalajengking
  4. Menahan orang yang melintas di depan ketika shalat berjamaah
  5. Menggendong bayi
  6. Berjalan sedikit ketika ada keperluan
  7. Melakukan gerakan ringan, menarik atau mendorong orang lain
  8. Membetulkan pakaian
  9. Berdehem
  10. Mengaruk
  11. Menutup ketika menguap
Dari hal diatas boleh dilakukan namun bisa kita lakukan dengan prioritas.  Agar tidak ada hal yang sia-sia dalam shalat kita.  Dengan memahami hal yang makruh dan mubah dalam shalat mudah-mudahan bisa menjadikan shalat kita lebih khusyu’.
Semoga bermanfaat.


Share With :

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template