Ide Memulai Bisnis


Islam menganjurkan agar umatnya senantiasa bekerja.  Karena rejeki harus dicari dengan bekerja. Maka ada pepatah jawa yang mengatakan “Ora obah ora mamah”.  Maksudnya adalah tidak bekerja ya tidak makan.  Namun di era yang sulit ini dibutuhkan ketekunan dan kemauan untuk bekerja.  Bekerja dalam arti disini adalah kita bisa bekerja dengan orang lain atau bekerja sendiri. Bagi yang tidak suka dengan tantangan cara yang terbaik adalah dengan bekerja dengan orang lain.  Tapi bagi yang suka dengan tantangan bekerja sendiri tentu akan lebih menarik.

Untuk memulai bisnis sendiri diperlukan kegigihan, mengingat persaingan pasar sangat keras.  Bahkan tidak segan-segan lawan bisnis kita pun akan menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnisnya.  Bagi yang belum pernah merasakan bisnis sendiri, ada baiknya untuk mencoba bisnis sendiri.

Agar tidak bingung dalam memulai bisnis, berikut ini tips dan trik untuk memulai bisnis sendiri.

Cara yang pertama adalah dengan Product Driven

Maksudnya adalah kita mencari produk yang akan kita pasarkan.  Produk ini kita bisa mncari di pusat-pusat agen, kerabat bahkan atau kita menciptakan produk sendiri.  Untuk tehnik ini sebaiknya kita mencari bisnis yang sesuai dengan hobi kita.  Mengapa harus sesuai dengan hobi kita? Karena perjalanan bisnis adalah panjang dan melelahkan.  Dikala lagi sepi, karena hobi/kesukaan kita maka kita tidak akan bosan dengan bisnis kita.  Bisnis adalah siapa yang mampu bertahan.

Cara yang kedua adalah dengan Market Driven

Market Driven adalah mencari peluang pasar.  Artinya ketika pasar itu sedang banyak peminatnya maka kita ikut andil dalam bisnis tersebut.  Langkah ini lebih enak karena tanpa promosi banyak-banyak orang akan tahu produk yang kita pasarkan, sehingga kita akan bisa menghemat biaya untuk pemasaran.  Contohnya adalah ketika orang sedang booming dengan sepatu lukis, maka kita bisa ikut menjual sepatu lukis, karena orang sudah tahu apa itu sepatu lukis dan banyak orang yang sudah memakai.  Tapi tentunya perlu hati-hati juga dalam bisnis ini.

Cara yang ketiga adalah dengan menggabungkan keduanya

Artinya adalah kita membuat sebuah produk dan produk tersebut sudah banyak peminatnya. Jadi peluang pasar sudah ada maka permintaanpun akan banyak dan pemasaran akan lebih mudah.
Orang gagal dalam berbisnis adalah karena terlalu banyak mikir.  Ketika kita sedang dalam kondisi seperti ini langkah yang terbaik adalah dengan action.  Lakukan saja, akan tetapi harus brilian idenya.  Ketika nanti terjadi kegagalan maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengevaluasi dan kemudian mencoba kembali.  Jangan lupa untuk meminta pertolongan kepada Alloh Swt agar bisnis kita senantiasa lancar.

Orang bisa naik sepeda bukan karena naik langsung bisa.  Tapi akan melalui proses jatuh berdarah dan terkilir.  Akan tetapi ketika dievaluasi maka kesalahan tersebut tidak akan diulangi dan akhirnya pun naik sepeda bisa lancar dan bisa ngebut.
Semoga lancar..


Share With :

2 comments:

Hon Book Store mengatakan...

Terima kasih infonya :)
Bisnis sekarang tidak membatasi ruang dan waktu, karena bisa bisnis online :D

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas di Hon Book Store.
Dapatkan juga buku2 bisnis online dan dapatkan diskon hingga 15%.

http://www.honbookstore.com/

Untuk Paid per click percayakan pada Google Adsense atau Adsense Camp, Adsensenya Indonesia. Kami sudah pernah berkunjung ke kantornya di Jogja.

Kalo' daftar ini link-nya :)

http://adsensecamp.com/?ref_id=132620

Anonim mengatakan...

hai semuanya maaf saya telah pergi begitu lama tetapi begitu banyak yang telah terjadi dan tidak ada waktu untuk memposting. saya pindah ke new orleans minggu pertama bulan juli dan kaki saya menginjak tanah. saya telah bekerja di rumah lama saya di florida selama beberapa minggu terakhir dan saya kelelahan setelah berhasil mendapatkan pinjaman dari mr pedro dan perusahaan pinjamannya pada tingkat 3 untuk membantu menyelesaikan rumah saya! jadi tidak ada waktu untuk berolahraga, tidak ada waktu untuk makan dengan benar dll.....saya sangat ingin hidup saya kembali dan saya sangat bangga dengan apa yang mr pedro lakukan kepada saya dengan membantu saya dengan pinjaman. saya akan meninggalkan email mr pedro di sini sehingga siapa pun yang mencari pinjaman dapat menghubungi mr pedro di ...pedroloanss@gmail.com atau teks whatsapp...+18632310632. semoga hidupku bisa kembali seperti semula. rindu kalian berharap untuk segera kembali.

Posting Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template