Balasan Takwa



Kata Takwa sering kita dengar dalam ceramah-ceramah agama, sehingga karena sering mendengar kata takwa tersebut, menjadikan hal yang seolah-olah lumrah dan tidak perlu untuk dibahas kembali. Akan tetapi takwa hadiah dari Allah Subhanahuwa Ta'ala menarik untuk dikaji lagi. Karena dalam banyak ayat Alquran, Allah Subhanahu wa ta’ala mencantumkan kata takwa ini. Salah satu contohnya kata takwa ini terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 183

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"


Ayat ini memerintahkan kepada kita untuk melakukan puasa di bulan Ramadhan.  Dengan harapan ketika sudah melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala yaitu berpuasa di bulan ramadhan maka Allah akan memberikan derajat takwa kepada kita.  Karena parameternya yang luas mengenai  predikat takwa, sehingga masyarakat awam akan bingung menterjemahkan maksud dari takwa tersebut.  Hal yang paling sederhana pasti akan diartikan dengan taat kepada perintah allah Subhanahu wa ta’ala dan menjauhi larangan-NYA.

Sebenarnya banyak hikmah yang kita bisa ambil dari  Qs Al Baqarah 183 ini.  Allah memerintahkan kepada kita di bulan ramadhan untuk berpuasa tentunya Allah pasti akan memberikan hikmah-hikmah dari predikat takwa yang Allah karuniakan. Di antaranya adalah

Dengan predikat takwa ini Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan Furqon 
/Pembeda


Maksudnya adalah bahwa Allah akan senantiasa memberikan hidayah kepada kita, sehingga ketika menjalani hari-hari kita Allah akan memberikan bantuan kepada kita untuk membedakan mana yang benar, mana yang salah dan mana yang haq dan mana yang bathil.  Untuk contoh konkretnya adalah :  Allah akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengganti sistem bank yang ribawi menjadi bank yang syariah.


Qs  Al Anfal 29
"Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan[607]. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar."

[607] Artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, dapat juga diartikan disini sebagai pertolongan.

Ditutupinya kesalahan-kesalahan kita
 
manusia dengan segala kesalahannya sangat mudah bagi Allah untuk ditampilkan di masyarakat.  Dengan takwa ini mudah-mudahan Allah senantiasa menutupi terhadap kesalahan kita sehingga minimal tidak Allah tampakkan di tengah masyarakat.

Allah akan memberikan keberkahan dalam kehidupan kita

Kata berkah sendiri tidak bisa kita artikan secara matematis.  Karena Dengan berkah ini bisa jadi yang sedikit bisa menjadi memberikan manfaat yang banyak  sedangkan ketika banyak tidak ada berkahnya mengartikan bahwa yang banyak itu tidak bisa memberikan manfaat.  Ini mengindikasikan bahwa kata berkah hanyalah hak dari Allah Subhanahu wa ta’ala yang diberikan kepada orang yang bertakwa

  
Qs Al A'raf ayat 96
"Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya."

Dengan takwa,  Allah akan membukakan jalan keluar

Setiap insan manusia dalam keseharianya pasti akan selalu berhadapan dengan masalah, baik itu kecil maupun besar.  Tentunya ketika masalah besar sedang melanda kita Allah akan memberikan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

Qs At Thalaq ayat 2
" Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, Maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar."


Dengan takwa Allah akan memberikan rejeki dari jalan yang tidak disangka-sangka

Rejeki adalah hal ghaib hanya Allah sajalah yang mengetahuinya.  Oleh karena itu kita hanya diberi kemampuan untuk berikhtiyar dan berdoa mengenai rejeki ini.  Oleh karena itu Allah pasti akan memberikan rejekinya kepada hambaNYA yang bertakwa dari arah yang tidak disangka-sangka.

  
Qs At Thalaq ayat 3
" Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Dengan takwa, akan dicukupkan keperluannya dan dimudahkan urusannya

 
"Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Dengan takwa akan dihapus kesalahan-kesalahan kita

Dengan takwa Allah akan melipat gandakan pahala kita

Allah akan memberikan Rahmat

Manusia masuk ke surga bukanlah karena amalanya, akan tetapi karena rahmat Allah yang dikaruniakan kepada hambaNya yang bertakwa.
Ketika kita bisa merasakan perubahan perubahan dalam hidup kita dan yang terjadi dalam diri kita mudah-mudahan Allah menerima segala amal kebaikan kita dan menjadikan kita sebagai orang yang bertakwa.  Karena arti takwa addalah Waspada, hati-hati.

Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan kemudahan kepada kita untuk bisa lebih baik dan bermanfaat untuk sesama, agar hidup yang singkat ini bisa bermakna...


Share With :

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template