Mengatasi Bau Badan


Berkeringat sehabis berolahraga adalah hal yang normal, karena dengan berkeringat menandakan bahwa diri kita dalam kondisi yang sehat.  Dengan aktivitas yang menyerap energi, berolahraga dan berkeringat dapat menjaga kesehatan kita.  

Tapi ketika berkeringat kita juga patut waspada.  Mengingat berkeringat kadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang.  Kenapa bisa menjadi menakutkan? Karena biasanya ketika seseorang berkeringat maka akan dibarengi adanya bau badan.  Nah, hal inilah yang kadang membuat tidak pede ketika berkumpul dengan banyak orang.  Bahkan kadang bagi sebagian orang, ketika berada ditempat yang agak panas, misalnya ditempat angkutan umum, di tubuhnya akan berkeringat dan mengeluarkan bau.  Kalau hal ini terjadi tentunya akan mengurangi rasa percaya diri kita.  

Oleh karena itu ada beberapa tips agar bau badan ini tidak terlalu menyengat ketika sedang beraktivitas dengan banyak orang.  Tipsnya adalah

Memilih pakaian dengan hati-hati

Pakaian adalah hal yang penting yang perlu kita perhatikan.  Sesuaikan dengan aktivitas kita.  Ketika kita mudah berkeringat janganlah memakai pakaian yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis.  Pakailah pakaian yang terbuat dari bahan katun. usahakan menggunakan pakaian yang longgar.  Kalau tidak pakailah busana yang mudah menyerap keringat.

Gunakan deodarant dan antiperspirants

Antiperspirants mengandung garam aluminium.  Garam aluminium ini berfungsi untuk mengurangi keringat yang keluar dari tubuh kita, sedangkan deodarants fungsinya adalah untuk mengurangi bau badan namun deodarants tidak akan mengurangi keringat yang keluar dari tubuh kita.

Mandi teratur

Dengan mandi teratur akan dapat menjaga kebersihan badan. Pakailah sabun antiseptic untuk mengusir bakteri-bakteri penyebab bau badan.

Hindari minuman panas

Ketika berada di tempat ramai atau ketika sedang berkumpul dengan orang-orang banyak hindarilah minuman yang panas.  Karena minuman panas akan menyebabkan tubuh menjadi panas dan berkeringat.  Minumlah dengan air minum biasa dan ini akan lebih menyehatkan.

Memakai parfum

Gunakanlah parfum untuk membantu meredakan bau badan.  Tapi parfum ini hanya berfungsi untuk mengalihkan bau badan. Ketika aroma parfum habis maka bau badan akan tetap ada.  Pilihlah parfum non alkohol agar bau parfum tetap awet.  Kalau perlu siapkan dikantong botol kecil parfum non alkohol.

Jangan jadikan bau badan menjadi momok yang serius yang bisa mengurangi rasa percaya diri kita, tapi tetaplah bersyukur kepada Allah SWT.  Kita hanya berusaha untuk menjadi yang lebih baik, karena Allah Swt tidak menciptakan semuanya dengan sia-sia.
Semoga bermanfaat...


Share With :

1 comments:

makasihdok.com mengatakan...

Bau badan muncul biasanya diakibatkan oleh keringat, dari keringat maka muncullah bakteri dan kuman yang akan mengeluarkan bau. Jadi, jaga badan tetap sehat, bebas dari keringat, agar tetap adem.. :)

Posting Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template