Mengatasi Demam Panggung


Tampil di depan umum bukanlah hal yang mudah.  Baik itu menjadi MC, berpidato, menari dan lain sebagainya.  Bagi para pemula, hal ini bisa menjadi hal yang menakutkan.  Perasaan berdebar-debar, tidak tenang dan takut gagal serta perasaan grogi senantiasa akan menyelimuti.  Sehingga banyak orang yang rela untuk kursus tentang kepribadian ini.

Berikut beberapa hal yang bisa kita terapkan untuk mngatasi demam

Percaya diri atau Pede

Percaya diri merupakan modal utama untuk tampil di depan orang banyak.  Percaya diri juga merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri.  Ketika kita belum bisa menghargai diri sendiri bagaimana kita bisa menghargai orang lain.  Kita harus mempunyai keyakinan bahwa kita bisa.  Tidak semua orang bisa tampil di depan umum, maka kita harus bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.  Semua orang pasti pernah merasakan grogi, tidak nyaman.  Tapi kalau kita membiasakan hal ini nanti perasaan seperti ini akan hilang dengan sendirinya.

Konsentrasi

Selain percaya diri kita harus juga konsentrasi terhadap apa yang akan dilakukan di atas panggung.  Biasanya kalau konsentrasi sudah terganggu, maka hal yang akan kita sampaikan akan menjadi berantakkan.  Kita berlatih di depan cermin. Perhatikan penampilan kita dan kemudian di evaluasi.  Kita juga bisa meminta pertolongan saudara atau teman kita untuk membantu mengevaluasi.  Buanglah pikiran negatifmu ketika tampil di depan umum.

Penonton adalah teman

Ketika kita tampil di depan umum, kita akan menjadi pusat perhatian umum.  Para penonton akan sangat fokus terhadap apa yang kita sampaikan.  Maka ketika terjadi kesalahan sedikit akan sangat kelihatan.  Oleh karena itu kita harus menganggap bahwa penonton adalah teman, agar apabila terjadi kesalahan kita akan lebih mudah mengontrolnya.  Menganggap penonton adalah teman bisa mengurangi rasa grogi.

Tunjukkan apa yang kita kuasai

Setiap individu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan.   Saa kesempatan datang maka harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.  Tunjukkanlah kemampuan kita.  Maka sebelum tampil, kuasailah materi yang akan disampaikan, banyaklah berlatih.  Dengan sering berlatih materi maka akan memperkuat ingatan apa yang akan kta sampaikan.  Ingatlah pokok-pokok materinya, nanti kita bisa mengembangkannya agar tidak terkesan kaku

Rileks

Hal yang satu ini juga penting.  Tarik nafas panjang agar diri kita menjadi rileks. Lakukanlah hal yang bisa membuat diri kita rileks.  Jangan sampai muka kita kelihatan pucat.  Dengan rileks akan memperlancar aliran darah kita sehingga muka kita akan terlihat segar

Berdo’a

Nah, ini adalah tips terakhir yang harus kita lakukan.  Awali segala sesuatu dengan berdoa, agar Alloh  SWT memberi kelancaran dan apa yang kita lakukan dinilai sebagai ibadah dan diberi keberkahan.  Dengan berdo’a akan dapat menimbulkan rasa tenang di dalam diri kita karena adanya pertolongan dari Alloh SWT.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi demam panggung.  Mulailah sekarang dan jangan ragu.


Share With :

1 comments:

Hon Book Store mengatakan...

Terimakasih info motivasinya :)
Salam kenal!!

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas di Hon Book Store.
Dapatkan juga buku2 bisnis online dan dapatkan diskon hingga 15%.

http://www.honbookstore.com/

Posting Komentar

Copyright © 2009 - Sahabat Hikmah - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template